Home Edukasi Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2020

Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2020

0
Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2020
FILE PHOTO: Autonomous robots assemble an X model SUV at the BMW manufacturing facility in Greer, South Carolina, U.S. November 4, 2019. REUTERS/Charles Mostoller/File Photo

Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) terdiri dari beberapa sektor dan industri. Perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI ini sudah bisa diperjualbelikan sahamnya di Bursa Efek Indonesia karena statusnya sudah Go Public. Untuk lebih jelasnya saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI ini itu apa saja, simak penjelasan berikut.

Mengenal Perusahaan Manufaktur

Perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur memiliki karakteristik tertentu yang mudah untuk dikenali. Sebagian besar perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI memiliki karakteristik berikut:

  1. Proses Pengolahan Produk
    Aktivitas utama perusahaan manufaktur adalah mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Perusahaan manufaktur bisa memperoleh profit dari value
    added
    atau penambahan nilai yang dilakukan pada tiap prosesnya.
  2. Mesin Berskala Besar
    Perusahaan manufaktur untuk menunjang produksinya memerlukan mesin berskala besar, hal ini bertujuan agar proses produksi bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.
  3. Biaya Produksi Yang Besar
    Untuk bisa menghasilkan produk dengan jumlah yang banyak, selain itu juga berkualitas, sektor manufaktur ini memerlukan modal dan biaya operasional yang cukup besar. Mulai dari kebutuhan mesin produksi, pembelian bahan baku serta gaji karyawan.
  4. Proses Produksi yang Kompleks
    Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa perusahaan manufaktur mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Untuk proses pengolahan ini membutuhkan proses yang kompleks mulai dari proses pengembangan, percobaan hingga dimulainya proses produksi. Dan biasanya proses ini dibagi menjadi beberapa tahap serta divisi untuk memastikan bahwa produksi berjalan sesuai rencana dan memiliki kualitas yang bagus.
  5. Pemasaran dan Penjualan
    Setiap proses manufaktur erat kaitannya dengan proses pemasaran, karena tidak ada artinya melakukan produksi tanpa menjual. Perusahaan manufaktur pada umumnya sudah memiliki pemasaran yang sudah maksimal supaya penjualan produknya bisa meningkat pesat. Bahkan mereka rela menggocek biaya yang tidak sedikit untuk melakukan promosi secara gencar-gencaran.

Baca Juga: Karakteristik Perusahaan dan Jenis- jenis Perusahaan

Mengenal Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana, untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek dari pihak-pihak yang ingin memperdagangkan Efek tersebut. Saat ini fungi bursa efek di Indonesia dipegang oleh BEI (Bursa Efek Indonesia) atau dikenal IDX (Indonesia Stock Exchange).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.