Home Edukasi akuntansi Pengantar Akuntansi – Persamaan Akuntansi Aktiva Kewajiban dan Ekuitas (Modal)

Pengantar Akuntansi – Persamaan Akuntansi Aktiva Kewajiban dan Ekuitas (Modal)

Persamaan Akuntansi- Aktiva Kewajiban dan Ekuitas

Persamaan Akuntansi adalah persamaan antara hak atau klaim atas properti oleh kreditor dalam bentuk kewajiban (liabilities) dan pemilik dalam bentuk ekuitas atau modal. Dalam persamaan dasar akuntansi akan memperlihatkan hubungan antara Aktiva (Aktiva Tetap dan Aktiva Lancar), Kewajiban dan Ekuitas.

1. Pengertian Aktiva

Aktiva (Assets) adalah sumber daya ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat kepada perusahaan dimasa depan. Aktiva terdiri dari Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap.

A. Aktiva Lancar

Apa itu aktiva lancar? Aktiva lancar atau juga disebut current assets adalah jenis aktiva yang biasanya bisa dicairkan dalam jangka pendek kurang dari satu tahun.
Yang termasuk aktiva lancar antara lain:

  1. Kas (cash)

    Kas adalah aktiva berbentuk cas atau setara kas baik yang disimpan di bank atau disimpan sendiri oleh perusahaan yang dapat di cairkan setiap saat.

  2. Surat Berharga

    Surat berharga yang dimaksud disini bisa berupa saham atau obligasi perusahaan lain yang bersifat sementara dan bisa dijual kembali kapanpun saat dibutuhkan.

  3. Piutang Dagang

    Piutang dagang adalah tagihan perusahaan terhadap pihak lain karena adanya penjualan atau jasa kredit.

  4. Piutang Wesel

    Piutang wesel adalah bukti janji tertulis berkekuatan hukum yang mengikat akibat penyertaan materai 6.000 rupiah yang dibuat karena adanya pinjaman (utang) yang disebabkan oleh transaksi jual beli barang atau jasa.

  5. Piutang Pendapatan

    Piutang Penghasilan adalah pendapatan yang sudah menjadi hak dilihat dari segi waktu tetapi belum diterima karena belum jatuh tempo. Piutang penghasilan yang disesuaikan akan menambah pendapatan selama periode yang dilaporkan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Exit mobile version