Home Edukasi akuntansi Pengantar Akuntansi – Penyelesaian Siklus Akuntansi

Pengantar Akuntansi – Penyelesaian Siklus Akuntansi

Siklus Akuntansi

Proses akuntansi yang diawali dengan menganalisis serta menjurnal transaksi yang diakhiri dengan mengikhitisarkan dan melaporkan transaksi tersebut disebut dengan siklus akuntansi (accounting cycle). Hasil terpenting dari siklus akuntansi adalah laporan keuangan. Proses penyelesaian untuk membentuk suatu laporan keuangan disebut penyelesaian siklus akuntansi.

7 tahapan dasar dalam siklus akuntansi

  1. Menganalisa transaksi kemudian mencatatnya pada jurnal.
  2. Membuat neraca saldo atau neraca percobaan
  3. Menyusun jurnal penyesuaian
  4. Menyusun neraca saldo setelah penyesuaian
  5. Pembuatan laporan keuangan
  6. Membuat jurnan penutup
  7. Membuat jurnal pembalik

Sebelumnya telah dijelaskan dan digambarkan bagaimana menganalisa dan mencatat transaksi, memposting ke buku besar, menyiapkan neraca saldo, menganalisis data untuk penyesuaian, menyiapkan ayat jurnal penyesuaian dan menyiapkan laporan keuangan. Bab ini akan menyempurnakan pembahasan mengenai siklus akuntansi dengan menggambarkan bagaimana kertas kerja

(work sheet) digunakan sebagai alat bantu dalam menyiapkan laporan keuangan, menjelaskan bagaimana ayat jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan digunakan untuk menyiapkan catatan akuntansi pada periode selanjutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Exit mobile version