Mitos Atau Fakta: Mungkinkah Memulihkan Data Hard Disk yang Dihapus?

0
1317
mengembalikan data yang terhapus

Mungkinkah Memulihkan Data Hard disk yang Dihapus?

belumlama.com | Di zaman hi-tech hari ini, informasi dalam bentuk data adalah jantung dari bisnis yang tak terhitung jumlahnya, terutama bisnis yang berbasis internet. Data softcopy bisa hilang karena berbagai alasan. Entah itu disebabkan karena terserang virus, upaya backup yang gagal, kerusakan fisik pada hard drive Anda, hard disk crash, atau alasan lainnya bisa menyebabkan kita kehilangan data didalamnya.

Hal tidak terduga ini bisa  menimpa siapapun saja, baik data terhapus sebagian ataupun seluruhnya. Jika Anda memiliki backup, (dan sebagai pengguna profesional yang menjalankan bisnis, Anda harus membuat sebuah titik untuk mengambil backup setiap hari), jika memang dilakukan demikian Anda sudah cukup aman. Tapi seperti yang saya katakan, terkadang, tidak peduli seberapa hati-hati Anda, Anda masih bisa mengalami hal yang tidak bisa diduga sebelumnya.

Jadi, anggap saja Anda secara tidak sengaja menghapus data Anda. Jika memang begitu, hal yang bisa  dilakukan adalah Anda bisa membongkar hard drive Anda? Dan? Hei! bentar itu hanya bercanda saja, jangan pernah membongkar Hardisk jika memang tidak ada kerusakan secara fisik pada perangkat tersebut.

Baca Juga :

6 Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Jika Anda adalah pengguna tingkat lanjut, Anda bisa mencoba berbagai cara, baik itu membatalkan penghapusan data ataupun memperbaiki data yang corrupt dengan software recovery data yang sederhana. Jika hal tersebut tidak berhasil masih banyak software recovery yang lebih bagus yang bisa digunakan tergantung dengan situasi yang dihadapi. Software recovery biasanya akan memulihkan partisi hard drive anda. Jika beruntung data yang terhapus tersebut disa dikembalikan, namun ada kalanya juga menemukan kegagalan.

Memulihkan data hardisk yang terhapus

Jika Anda tidak bisa dan masih pemula dalam hal pemulihan data, Anda masih bisa menggunakan opsi lain. Jangan pernah mengotak-atik partisi hard drive OS jika tidak ingin komputer anda gagal booting. Anda mungkin secara tidak sengaja membuat pemulihan data menjadi tidak mungkin dilakukan. Kembali ke pokok permasalahan, Anda selalu dapat memilih opsi B. Opsi B adalah tempat orang-orang yang ahli dalam hal pemulihan data. Tujuan dari perusahaan pemulihan data adalah untuk mencoba dan memulihkan sebanyak mungkin data Anda, dan berupaya keras untuk mengembalikan drive ke keadaan sebelumnya.

Jadi, upaya membuat sistem backup data adalah hal yang paling tepat, namun hal ini belum bisa menjamin 100% data aman, karena masih ada kemungkinan hal lain yang bisa membuat kita kehilangan data baik itu karena kebakaran ataupun mati lampu sehingga proses backup tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Selain membuat sistem backup juga bisa dengan melakukan penyimpanan data pada server cloud yang terjamin keamanan servernya.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat Ooredoo yang Lemot

Memanggil pakar pemulihan data adalah salah satu pilihan saat Anda tidak bisa meulihkan data yang tidak bisa dipulihkan sendiri. Banyak perusahaan pemulihan data yang bagus hanya menagih Anda jika mereka bisa mengembalikan data Anda, dan akan mengutipnya dengan tepat. Ini adalah sistem yang adil. Jika mereka bagus, (dan kita mengasumsikannya) maka Anda harus bisa menyelamatkan sebagian atau seluruh data Anda. Jika bahkan mereka tidak dapat memulihkan data Anda untuk Anda, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk mengucapkan selamat tinggal pada data Anda. Anggaplah anda sebagai manusia yang beruntung jika data yang telah terhapus bisa dikembalikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here