5 Kelebihan Smartphone Xiaomi Dibanding Smartphone Lain

Kelebihan Xiaomi dan Kelebihan MIUI yang Menjadi Pertimbangan Saat akan Membeli Smartphone Baru

0
2217
kelebihan xiaomi

5 Alasan Kenapa Membeli Smartphone Xiaomi dan Kelebih Xiaomi dibanding Smartphone lain

belumlama.com | 5 Kelebihan Smartphone Xiaomi dibanding Smartphone Lain, Beberapa tahun yang lalu pada tahun 2014 untuk pertama kalinya Xiaomi memperkenalkan produknya yaitu Mi3 di India. Dan saat kemunculan Xiaomi di tanah air ada beberapa teman saya yang menggunakan device tersebut dan saya tertawakan karena menggunakan smartphone brand china, karena selama ini yang saya tahu produk china selain murah juga murahan serta kualitas yang kurang bagus.

Namun setelah mempelajarinya lebih lanjut ternyata smartphone besutan xiaomi ini beda dari smartphone china lainnya dan memang smartphone ini sama dengan smartphone branded lainnya.

Dan saat ini Xiaomi sudah sudah menjadi produsen smartphone yang patut diperhitungkan dan layak disandingkan dengan brand besar lainya seperti Apple, Samsung, Sony dengan cara membantah mitos bahwa:

Low Price = Low Quality

Banyak orang awalnya percaya bahwa ada harga ada rupa yang maksudnya adalah dengan harga murah pastilah kita akan mendapatkan kualitas yang murahan pula.

Selanjutkan akan saya bahas mengenai beberapa alasan kenapa kita perlu mempertimbangkan untuk memilih xiaomi saat akan memberli smartphone baru.

Baca Juga : Mengatasi Bootloop Pada Xiaomi Redmi Note 3

  1. Harga murah – Spesifikasi Tinggi

Harga adalah factor yang penting yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli smartphone. Dan xiaomi mampu menjawab kebutuhan ini yaitu kebutuhan akan smartphone murah dengan spesifikasi yang tinggi.

Jika kita bandingkan Xiaomi Mi6 dimana memiliki spesifikasi yang diatas kertas sama dengan Samsung Galaxy S8 namun Mi6 ini ditawarkan dengan harga jauh lebih murah yaitu sekitar Rp 5,000,000 an berbeda dengan Samsung Galaxy S8 yang masih memiliki harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp 9,000,000 an.

Bahkan hal yang sangat mencengangkan adalah, walaupun Galaxy S8 dibandrol dengan harga lebih tinggi, namun secara adu kecepatan performa Mi6 lebih unggul disbanding Samsung Galaxy S8.

Kenapa smartphone Xiaomi harganya murah?

Terkadang timbul pertanyaan dari benak kita kenapa kok smartphone Xiaomi lebih murah dibanding dengan harga smartphone lainnya. Sebenarnya ada beberapa alasan yang memungkinkan Xiaomi lebih murah dari sisi harga

  • Xiaomi menjual produknya langsung ke konsumen melalui online store. Tidak ada offline store sehingga tidak ada distributor dan tidak ada biaya tambahan.
  • Xiaomi tidak menggunakan Advertising atau iklan. Pernah tidak kita menemukan iklan xiaomi? Pasti akan sangat jarang sekali bahkan kadang seolah- olah kita berfikir bahwa xiaomi tidak niat jualan lha wong iklannya saja tidak ada. Cerdiknya xiaomi dia menggunakan social media untuk menyebar testimoni dari customer yang puas dengan produk xiaomi.

Hal diatas sangalah membantu Xiaomi untuk menghemat banyak biaya sehingga bisa menjual produk dengan harga murah yang tidak wajar.

  1. Hardware Spesifikasi Tinggi dan Build Quality yang Bagus

Alasan selanjutnya kenapa kita patut mempertimbangkan untuk membeli xiaomi saat akan memberli smartphone baru adalah spesifikasi hardware dan built quality yang bagus. Hal ini merupakan kelebihan xiaomi yaitu hardware spesifikasi tinggi dan buil quality bagus namun harga masih murah. Jadi walaupun harga murah tapi spesifikasi hardware dan kualitas tidak dikorbankan.

Dari sisi prosessor, jika kita lihat smartphone murah rata-rata menggunakan prosesor dengan kualias rendah yaitu prosesor MediaTek. Namun tidak untuk xiaomi walaupun harga yang dijual murah namun menggunakan prosessor dari Snapdragon yang merupakan prosessor smartphone terbaik saat ini.

Dari sisi build quality, Material yang digunakan oleh xiaomi baik bagian luar ataupun dalam semuanya menggunakan material dengan kualitas tinggi. Bahkan ada beberapa yang menggunakan back cover keramik yang membuatnya tahan terhadap goresan.

Jika kita lihat smartphone xiaomi seri redmi kita akan menemukan smartphone dengan body metal yang dibandrol harga 1,5 jutaan.

  1. Kamera dengan kualitas yang baik

Seperti sudah disampaikan diatas bahwa xiaomi sudah menggunakan hardware dengan kualitas yang tinggi, tidak terkecuali untuk kamera modul. Dan dari berbagai lini smartphone kualitas kamera dari Xiaomi ini terbilang sangat baik karena sudah didukung hardware yang mumpuni yaitu karena dibekali sensor kamera dari Sony yang membuat hasil bidikan menjadi lebih jernih dan warna natural.

Pada xiaomi Mi6 smartphone harga 5jutaan sudah dilengkapi dual kamera dimana sudah menggunakan sensor dari sony sehingga memiliki kualitas baik baik saat cahaya cukup ataupun pada kondisi low light sekalipun. Hasil gambarnya juga bagus dan bisa menghasilkan effect bokeh yang membuat serasa mengambil gambar dari DSLR.

Baca Juga : Cara Memilih Kamera DSLR Bekas Berkualitas

  1. MIUI – Highly Customizable Android Based OS

Xiaomi sebenarnya dibentuk pada tahun 2010 oleh Lei Jun bergerak sebagai perusahaan software yang menyediakan custom ROM yaitu MIUI. Jadi sebenarnya awalnya bukan maker smartphone.

MIUI semakin popular dan banyak diporting ke berbagai smartphone, ini bukan tanpa alasan karena MIUI memiliki banyak fitur dibanding dengan stock Android.

Beberapa kalebihan MIUI OS diantaranya

  • Bisa dilakukan kustomisasi– Saat ini MIUI adalah OS yang paling bisa dilakukan customisasi. Banyak sekali tema di MIUI store ataupun di jagat internet yang bisa dipakai untuk memperindah tampilah MIUI. Kalau saya sendiri saat ini menggunakan MI 5 yang saya customisasi dengan dengan tema iOS 11 dan posisi jam saya pindah ketengah.
  • Cepat- Aplikasi yang berjalan pada MIUI ini menjadi lebih responsive dan kita bisa perpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat.
  • Aman- Pada MIUI terdapat aplikasi security yang sangat berguna terutama untuk mematikan aplikasi yang berjalan pada latar berlakang dan menghapus junk file sehingga membuat perangkat yang menggunakan MIUI ini menjadi lebih stabil dan responsive.

Selain itu kita juga bisa melakukan control permission akses untuk masing- masing apps yang di install pada perangkat kita. Kita juga akan aman dari malware ataupun virus karena aplikasi security ini akan mendeteksi jika terdapat virus ataupun malware pada perangkat kita.

  • Uptate Rutin- Berbeda dengan OS Android lainnya pada MIUI ini terdapat beberapa versi, ada versi beta china, beta global, stabil china dan stabil global. Masing – masing versi tersebut selalu menerima update software jika terdapat pembaharuan. Untuk room beta sendiri selalu menerima update fitur setiap minggu nya pada hari jumat dan untuk changelog serta review biasanya dibahas pada MIUI Forum.
  • MIUI ForumJika kita mengalami permasalahan pada perangkat XIAOMI kita, kita bisa posting pada MIUI forum nanti disana akan banyak yang memberikan masukan serta metode untuk penanganannya. MIUI Forum ini merupakan komunitas besar pengguna perangkat Xiaomi diseluruh dunia.
  1. Tidak ada Bloatware/ bloatware bisa dihapus

Sebagian besar produsen smartphone akan menyematkan aplikasi pihak ke-3 yang dimana sebagian besar aplikasi tersebut tidak bisa dihapus.

Kenapa disebut bloatware karena aplikasi bawaan tersebut biasanya tidak kita pergunakan dan hanya akan membebankan pada memori ataupun RAM.

Pada MIUI memang ada beberapa aplikasi bawaan, namun saya menilai aplikasi tersebut sangatlah berguna dan memang dipakai dalam kesehariannya. Seperti MiDrop itu sangat bermanfaan saat kita berkirim data sesama pengguna XIAOMI karena dengan MiDrop file bisa dikirim dengan kecepatan tinggi selayaknya Aplikasi Shareit.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat Ooredoo

Setelah dibahas kelebihan xiaomi dan kalebihan MIUI lantas apakah pembaca akan melirik Xiaomi?

Xiaomi memiliki 3 lini produk antara lain: MI Series, Redmi series dan Redmi Note series.

MI series adalah jajaran Flagship Xiaomi sedang seri redmi lebih ramah kantong namun secara permorfa tetap OK. Jadi jika ingin Smartphone XIAOMI dengan performa tinggi seri MI adalah yang paling cocok.

Sekian pembahasan kali ini, jika hal yang ingin ditanyakan bisa komen dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here