Harga Saham KBAG Terkoreksi Dalam Saat Laba Q3 2020 Naik 339%

harga saham KBAG PT Karya

PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG) pada laporan keuangan triwulan ke 3 (Q3) 2020 membukukan Laba Bersih Rp 4 B atau naik 339.7% dibanding Q3 2019 sebesar Rp (2 B). Harga saham KBAG hari ini ditutup dengan kenaikan sebesar 6% diharga 53 setelah sebalumnya turun hingga dinilai terbawah yaitu 50/lembar.

Pendapatan meningkat 198.3% menjadi Rp 11 B dibandingkan dengan kuartal yang sama ditahun lalu. Gross Profit Margin di kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 53.9% dibandingkan dengan 47.9% di periode yang sama tahun lalu. Laba Kotor juga tercatat naik 235.6% menjadi Rp 5.81 B.

Baca Juga: Laba Bersih Bank BRI Syariah (BRIS) Q3 Tahun 2020 Naik 251%

Sementara itu Beban Keuangan KBAG tercatat sebesar Rp (2 B). Dari sisi Arus Kas, KBAG melaporkan positive Operating Cashflow sebesar Rp 4 B.

Namun kenaikan laba bersih serta margin profit ini tidak serta merta disambut positif oleh investor, bahkan setelah diumumkannya hasil kinerja di kuartal 3 ini, harga saham KBAG ini terus mengalami penurunan.

PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG) adalah salah satu emiten yang melakukan penawaran perdana atau IPO di tahun ini, harga tertinggi yang pernah ditorehkan yaitu dikisaran harga 400/lembar, namun setelah itu terus mengalami penurunan hingga mencapai titik terbawah diharga 50 pada 5 November 2020.

Baca Juga: Laba PT Smartfren Tbk (FREN) Pada Q2 2020 Naik 185% 

Kalau dilihat secara broker summary, underwriter penawaran perdana dari emiten dengan kode KBAG ini tampaknya berhasil mendistribusikan saham dengan baik hingga hampir keseluruhan saham yang dilepas bisa diserap oleh pasar. Walaupun demikian harga saham KBAG masih terus berada di kondisi tidak aman.

Penulis menyarankan untuk menghindari saham KBAG untuk saat ini, selain volatilitas yang cukup tinggi saham ini juga baru IPO sehingga belum terlihat historis harganya. Akan lebih baik jika membeli saham- saham yang sudah teruji kinerjanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here