Pengertian Etika Bisnis, Peran Etika Bisnis, Prinsip Etika Bisnis

Pengertian Etika Bisnis

Sebelum kita membahas konsep etika dalam bisnis, terlebih dahulu kita perlu memahami tiga aspek pokok dalam bisnis diantaranya:
  1. Sudut Pandang Ekonomis
Dalam sudut pandang ekonomis, bisnis adalah kegiatan ekonomis, dimana terjadi proses tukar menukar, jual-beli, memproduksi-memasarkan, bekerja-memperkerjakan dan interaksi manusia lainnya, dengan tujuannya memperoleh keuntungan. Dalam pandangan ini, bisnis yang baik adalah bisnis yang membawa banyak keuntungan. Hal ini bisa terjemahkan ke dalam beberapa fungsi manajemen. Dalam fungsi manajemen produksi, bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat mempertahankan produktivitas perusahaan. Dimana jika produktivitas menurun, biaya produksi akan bertambah, sehingga harga produk perlu dinaikkan, dan hal ini berdampak pada harga produk
bisa menjadi terlalu tinggi dibandingkan dengan harga yang ditetapkan pesaing. Pada fungsi pemasaran, diartikan sebagai menjual sebanyak mungkin produk, dimana hal ini akan membawa keuntungan maksimal bagi perusahaan 2. Sudut Pandang Moral Dalam sudut pandang moral, bisnis yang baik adalah bisnis yang baik secara moral. Perilaku yang baik dalam konteks moral adalah perilaku yang sesuai dengan norma norma moral, sedangkan perilaku yang buruk adalah perilaku yang bertentangan dengan atau menyimpang dari norma moral. Perilaku dalam konteksi ini adalah tindakan dan kegiatan yang dilakukan dalam bisnis, baik itu keputusan bisnis, kebijakan yang diambil dan interaksi bisnis dengan lingkungannya. Dalam kasus di atas, bisnis boleh saja memiiliki tujuan mencapai keuntungan, asalkan pencapainya tidak merugikan pihak yang lain serta dilakukan dengan menghormati kepentingan dan hak orang lain yang terlibat baik langsung dan tidak langsung dalam aktivitas bisnis itu sendiri. 3. Sudut Pandang Hukum Bisnis tidak terlepas dari hukum “ hukum dagang” atau “ hukum bisnis”. Dalam sudut pandang normative, hukum menetapkan apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada aktivitas bisnis. Disini, hukum lebih jelas dan pasti, karena tertulis dan ada sangsi tertentu bila terjadi pelanggaran. Dari sudut pandang hukum, bisnis yang baik adalah bisnis yang patuh pada hukum.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here