ELSA – Sekilas Mengenai Sejarah Berdirinya PT Elnusa Tbk

Dividen Elnusa ELSA 2020

Belumlama.com – PT Elnusa Tbk (ELSA) merupakan satu-satunya perusahaan nasional  yang menguasai kompetensi di bidang jasa minyak dan gas bumi antara lain : Jasa Seismic, Pengeboran dan Pengelolaan Lapangan Minyak. Elnusa menyediakan jasa  migas  dengan strategi aliansi global bagi perusahaan migas berkelas dunia dan juga sesuai dengan standar keselamatan dan lindung lingkungan.

Baca Juga : TOTL – Sekilas Mengenai Sejarah Berdirinya PT Total Bangun Persadar Tbk

Sebagai bagian dari afiliasi Pertamina, pemegang saham pengendali Elnusa memberikan konstribusi yang sangat besar atas keberadaan Elnusa saat ini. Elnusa memiliki 40 tahun lebih pengalaman di industri jasa migas dengan klien baik perusahaan nasional maupun internasional. Elnusa merupakan market leader di industri jasa migas dengan keahlian yang mumpuni dan membawa sampai kancah pasar internasional.

ELSA mengawali kiprahnya sebagai pendukung operasi PT Pertamina (Persero) pada tahun 1969. Jasa yang ditawarkan Elnusa antara lain terutama dalam memberikan pelayanan termasuk pemeliharaan dan perbaikan, di bidang peralatan komunikasi elektronik, peralatan navigasi dan sistem radar yang digunakan oleh kapal-kapal milik Pertamina.

Baca Juga : PTBA – Sejarah PT Bukit Asam Tbk Dan Pergerakan Saham PTBA

Pada Oktober 2007, Elnusa kembali melakukan restrukturisasi menjadi perusahaan pertama Indonesia yang memberikan layanan hulu migas terpadu (Integrated Upstream Oil and Gas Services Company). Selain itu, untuk memperkuat lini bisnis, Elnusa memiliki empat afiliasi yang dikonsolidasikan juga dalam struktur korporasi. PT Elnusa Tbk secara resmi terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tanggal 6 Februari 2008. Dengan sikap profesional, transparansi, clean dan dengan etika bisnis yang terpercaya, Elnusa siap untuk menghadapi tantangan baik secara regional, nasional maupun internasional. Saat ini, Elnusa merupakan pemimpin di sektor jasa migas dengan kliennya yang merupakan perusahaan nasional maupun multi-nasional.

Jasa Migas Elnusa:

  1. Jasa Data Geofisik: proses dan penyimpanan data  melalui metode seismic dengan peralatan yang dibentangkan di darah, laut dan zona transisi (laut dangkal/hutan bakau) dan laut dalam. Menjadi pionir dalan jasa data geofisikadi Indonesia, Elnusa memegang kendali atas operasi  geofisika di Indonesia.
  2. Jasa Pengeboran Migas: menyediakan solusi pengeboran dengan manajemen pengeboran, peralatan, pengadaan dan provisi. Tahun 2009, Elnusa melalui Divisi Pengeboran merupakan satu-satunya divisi atau perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan Modular Rig Pertama di Asia Pasifik.
  3. Jasa Pengelolaan Lapangan Minyak: mengoperasikan dan memelihara lapangan migas dan sumur, EPC-M, pipa O&M dan fasilitas produksi, penanganan produksi migas dan jasa pendukung pengeboran darat seperti Wireline Logging, Cementing dan Well Testing serta jasa evaluasi produk.
  4. Jasa Pendukung: merupakan pelengkap dari jasa migas yang dimiliki Elnusa antara lain data manajemen dan jasa telekomunikasi. Dimana jasa pendukung ini dioperasikan oleh Anak Perusahaan dan Afiliasi Elnusa.

Baca Juga : BBRI – Sejarah Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) dan Saham BBRI

Sekretaris Perusahaan

Nama Alamat Email Nomor Telepon
Ari Wijaya [email protected] (021)78830850

Direktur ELSA

Nama Posisi Terafiliasi
Elizar Parlindungan Hasibuan DIREKTUR UTAMA No
Hery Setiawan DIREKTUR No
RM Happy Paringhadi DIREKTUR No
Arief Riyanto DIREKTUR No

Komisaris ELSA

Nama Posisi Independen
Narendra Widjajanto KOMISARIS UTAMA No
Lusiaga Levi Susila KOMISARIS Yes
Anis Baridwan KOMISARIS Yes
Eman Salman Arief KOMISARIS No
Antonius Ratdomopurbo KOMISARIS No

Komite Audit

Nama Posisi
Anis Baridwan KETUA
Adil Nusyirwan ANGGOTA
Serena Karlita Ferdinandus ANGGOTA

Struktur Pemegang Saham ELSA

Nama Jenis Jumlah Persentase
Dana Pensiun Pertamina Lebih dari 5% 1.087.407.500 14,899 %
PT Pertamina (Persero) Lebih dari 5% 3.000.000.000 41,104 %
Publik Kurang dari 5% 3.211.092.500 43,997 %
Saham Treasury Saham Treasury 0 0 %
Narendra Widjajanto Komisaris 0 0 %
Elizar Parlindungan Hasibuan Direksi 0 0 %
RM Happy Paringhadi Direksi 0 0 %
Lusiaga Levi Susila Komisaris 0 0 %
Eman Salman Arief Komisaris 0 0 %
Hery Setiawan Direksi 0 0 %
Arief Riyanto Direksi 0 0 %
Anis Baridwan Komisaris 0 0 %
Antonius Ratdomopurbo Komisaris 0 0 %

Sumber: Website Resmi Elnusa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here