Cara Memilih Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula

2
1995
cara memilih kamera dslr

BELUMLAMA.COM | CARA MEMILIH KAMERA DSLR – Pengguna Kamera DSLR tiap tahun mengalami kenaikan seiring dengan semakin gencarnya perusahaan manufaktur kamera dalam mengembangkan kamera yang lebih friendly user dan memiliki teknologi yang lebih canggih dari pendahulunya namun dengan harga yang lebih terjangkau. Bagaimana cara memilih kamera DSLR berkualitas untuk pemula?

Pertama- tama saya akan menyebutkan beberapa alasan yang mungkin membuatmu ingin upgrade ke DSLR. Sehingga artikel cara memilih kamera DSLR ini menjadi penting buat anda.

Beberapa alasan seseorang memilih untuk upgrade ke kamera DSLR

  1. Kualitas gambar, dikarenakan DSLR memiliki sensor gambar dengan ukuran besar dimana memungkinkan untuk ukuran pixel yang lebih besar. Pada umumnya kamera DSLR bisa menggunakan ISO yang lebih besar sehingga memungkinkan kita bisa mengambil gambar dengan shoot speed yang lebih cepat dengan sedikit noise (Sebagian besar DSLR dengan menggunakan ISO 1600 masih menghasilkan sedikit noise). Kamera DSLR juga mampu untuk menangkap gambar yang berkualias dalam cahaya minim sekalipun yang pastinya harus dengan settingan yang pas dan mantap.
  2. Adaptability, kamera DSLR memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan kondisi yang dihadapinya karena memiliki kemampuan untuk gonta ganti lensa untuk menyesuaikan dengan objek yang akan diambil. Sebagai contoh saat kita akan mengambil gambar dengan objek yang kecil dan ingin memperoleh depth of field yang bagus maka kita tinggal ganti lensa yang digunakan dengan lensa makro, ataupun saat kita akan mengambil objek dengan jarak yang jauh tinggal ganti lensa tele. Namun dibutuhkan dana yang cukup besar untuk membeli lensa.
  3. Kecepatan, DSLR mampu menangkap gambar dengan kecepatan tinggi dimana didukung perangkat mesin yang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, selain itu juga cepat dalam start up dan pengambilan focus.
  4. Optical Viewfinder, melalui view finder ini kita bisa melihat objek foto dimana yang kita lihat pada view finder itulah gambar yang akan kita peroleh.
  5. Range ISO yang besar, untuk hal ini tiap kamera berfariasi namun pada umumnya DSLR menawarkan beragam pengaturan ISO yang flexible untuk pengambilan gambar dalam kondisi berbeda.
  6. Manual control, saat ini kamera digital bahkan smartphone sudah memiliki setting manual dalam pengambilan gambar, namun DSLR ini memang sengaja didesain untuk digunakan dengan mode manual dengan asumsi bahwa seorang photographer ingin mengambil gambar dengan settingan dia sendiri. Dengan setting manual ini memungkinkan seorang photographer untuk mengambil gambar dengan settingan nya sendiri sehingga bisa menghasilkan gambar sesuai dengan apa yang diharapkan olehnya.
  7. Depth of Field, inilah salah satu hal yang membuat saya mencintai DSLR. Selain bisa menangkap gambar lebih renyah bening kencling, juga mampu untuk mengambil gambar dimana objek yang menjadi focus tambah jelas namun objek latar belakangnya tampak blur yang indah.
  8. Optik yang berkualitas, pada dasarnya lensa DSLR adalah seperangkat optic dengan kualitas tinggi walaupun aktualnya ada tingkatan kualitas sesuai dengan harganya. Dalam kamera DSLR lensa adalah point yang sangat berpengaruh sekali pada kualitas gambar yang dihasilkan. Jadi semakin berkualitas suatu lensa maka gambar yang dihasilkannya pun akan lebih baik.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar

Bagaimana menentukan kamera mana yang akan dibeli?

Ada beberapa factor yang menjadi pertimbangan saat memilih kamera DSLR

  1. Harga, hal ini menjadi pertimbangan terpenting saat akan membeli kamera DSLR. Ada beberapa range harga dari yang ditawarkan mulai dengan harga yang cukup terjangkau hingga harga yang sangat mahal pada kamera untuk professional. Tentukan anggaran untuk pembelian awal ini namun ada pertimbangan lain selain dari harga kamera itu sendiri antara lain:
  • Lensa (beberapa kamera sudah termasuk lensa kit bawaan tetapi kamu harus mempertimbangkan pula ketersediaan lensa dan harga dipasaran)
  • Battery (beberapa model sudah dilengkapi battery bawaan, namun juga perlu dipertimbangkan untuk membeli spear saat akan melakukan traveling)
  • Memory Cards (saat membelinya mungkin kita bisa memperoleh bonus memory card namun biasanya secara ukuran masih kurang dibanding yang kita butuhkan, namun jika beruntung mungkin akan memperoleh size yang lumayan namun setidaknya pasti kita akan menginginkan yang sedikit lebih besar)
  • Tas kamera (beberapa penjual memberikan tas kamera secara gratis namun biasanya secara kualitas kurang bagus, sehingga mungkin perlu juga untuk membeli tas kamera untuk melindungi kamera yang kita sayangi)
  • Filter (setidaknya mungkin anda ingin member beberap filter UV untuk setiap lensa sehingga hal ini juga perlu untuk dipertimbangkan)
  • Perpanjangan garansi, untuk hal ini ada beberapa opini yang berbeda mengenai perlu tidak nya perpanjangan masa garansi, namun setidaknya hal ini juga perlu dipertimbangkan.
  1. Untuk apa kita menggunakannya? Saat kita berada ditoko untuk membeli kamera, pertanyaan pertama yang akan ditanyakan adalah tipe fotografi apa yang anda inginkan? Sehingga hal ini sangat penting untuk menanyakan kepada diri anda sendiri, karena hal ini akan membantu dalam menentukan jenis aksesoris yang diperlukan. Apakah untuk digunakan dalam hal yang umum? Apakah Anda ingin melakukan traveling dengan kamera? Apakah itu untuk fotografi olahraga? Makro Fotografi? Fotografi di Cahaya rendah? Buatlah daftar realistis jenis fotografi yang akan Anda lakukan.
  1. Ukuran, kamera DSLR rata- rata memiliki ukuran yang cukup besar, namun ada pula yang memiliki ukuran kecil. Beberapa fotografer mungkin tidak keberatan untuk membawa kamera dengan ukuran besar ini, namun jika kamu ingin menggunakannya untuk travel photography mungkin akan lebih praktis jika menggunakan model yang ringan dan kecil.
  2. Perangkat sebelumnya, saat kita akan membeli DSLR baru kita juga perlu mempertimbangkan perangkat yang sudah dimiliki sebelumnya. Sebagai contoh sudah memiliki koleksi lensa canon yang cukup lengkap akan rugi rasanya jika pindah brand karena kita harus membeli kembali beberapa lensa yang pasti akan merogoh kantong cukup dalam (kecuali kalau banyak duit), jadi menurut saya membeli brand yang sama akan lebih menguntungkan.
  3. Resolusi, banyak orang beranggapan bahwa semakin tinggi mega pixelnya maka kamera tersebut semakin baik, namun pada kamera DSLR lebih banyak bukan berarti lebih baik karena masih banyak factor lain yang mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Kecuali gambar yang dihasilkan akan dicetak dalam ukuran besar, kalau hanya untuk upload di social media, blog ataupun hanya dicetak ukuran yang tidak terlalu besar maka besarnya mega pixel tidak begitu penting.
  4. Ukuran sensor, Secara umum sensor yang lebih besar memiliki beberapa keunggulan dibandingkan yang lebih kecil, namun perlu merogoh kocek dalam- dalam untuk menebus kamera dengan sensor fullframe ini. penjelasan mengenai sensor ini cukup rumit sehigga akan saya jelaskan pada postingan mendatang. (stay tune ya,…)
  5. Dan fitur lainya, DSLR memiliki banyak fitur yang mungkin akan membuat kita kebingungan dalam membandingkannya. .Semua memiliki fitur dasar seperti kemampuan untuk setting aperture dan shutter priority, auto atau manual fokus dll, tapi masih banyak fitur lain yang perlu untuk menjadi sebuah pertimbangan. Dan untuk selengkapnya akan dibahas pada posting selanjutnya.

Cara Memilih Kamera DSLR yang cocok untuk kita?

Diatas sudah dibahas panjang lebar mengenai beberapa pertimbangan saat akan membeli kamera DSLR, jadi tinggal anda menentukan berapa budget yang anda miliki dan tipe fotografi apa yang anda minati jika sudah ditentukan tinggal carilah kamera yang cocok untuk anda gunakan.

Dari awal saya mengenal kamera DSLR hingga sekarang saya masih setia menggunakan canon, kamera yang pertama saya beli adalah EOS 550D, saat ini saya menggunakan EOS 650D dan kedepannya saya berencana untuk upgrade ke canon EOS 70D. Untuk melihat koleksi kamera dari Canon klik disini. Kemudian untuk melihat koleksi kamera Nikon klik disini.

Jangan ragu untuk menambahkan rekomendasi Anda sendiri di bawah dalam kolom komentar.  Seperti sudah saya sampaikan diatas, saya adalah pengguna canon karena saya merasa canon memiliki kualitas yang bagus baik dari build quality ataupun gambar yang dihasilkan. Masih ada kamera yang bagus diluar saya yang saya belum pernah gunakan jadi bagi pembaca yang memiliki kamera selain canon mohon jangan ragu untuk memberikan rekomendasi kamera di kolom komentar.

R/A

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here