Cara Membeli Saham Secara Online Melalui Sekuritas Terbaik

cara membeli saham

Cara Membeli Saham Secara Online

Dibalik risikonya yang tinggi, membeli saham masih merupakan salah satu investasi terbaik untuk saat ini. Terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini pembelian saham bisa dilakukan secara online sehingga kita bisa memantau pergerakan harga saham secara realtime dan melakukan pembelian saham kapanpun dan dimanapun selama masih ada jaringan internet. Ketika kita akan membeli saham secara online, kita perlu dukungan perusahaan sekuritas terbaik agar saat pembelian saham secara online jarang mengalami suatu kendala. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara membeli saham secara tuntas, dan artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman dari penulis jadi jika ada hal yang perlu ditanyakan bisa langsung tanyakan melalui kolom komentar dibawah.

Bagaimana cara membeli saham? Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai untuk membeli saham.

  1. Memilih perusahaan sekuritas yang akan digunakan
  2. Membuat akun di sekuritas
  3. Membuat Rekening Dana Nasabah (RDN)
  4. Melakukan deposit awal
  5. Mengunduh aplikasi online trading
  6. Memulai membeli saham

Jadi jika kamu ingin mulai membeli saham secara online, bisa membaca artikel ini sampai akhir, karena pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dengan demikian kamu bisa memulang beli saham bank BCA, membeli saham bank BRI maupun saham perusahaan yang pembaca idamkan selama ini.

Baca Juga : Pengertian Saham- Jenis, Karakteristik Saham dan Manfaat Membeli Saham

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

perusahaan sekuritas terbaik

Sebelum memilih perusahaan sekuritas alangkah lebih baik kalau kita mengentahui definisi dari perusahaan sekuritas. Apa itu perusahaan sekuritas? Perusahaan sekuritas adalah perusahaan perantara dalam perdagangan efek maupun saham. Bahasa umum yang sering digunakan untuk menyebut perusahaan sekuritas ini adalah broker saham. Hal utama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekuritas adalah pastikan bahwa sekuritas tersebut telah mendapatkan izin usaha dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kemudian, Perusahaan sekuritas terbaik itu yang seperti apa? jadi, sebenarnya tidak ada sekuritas terbaik karena setiap perusahaan sekuritas memiliki keunggulannya masing- masing. Jadi dalam memilih sekuritas terbaik adalah sekuritas yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih sekuritas atau broker saham

  • Fee jual dan beli saham
    Fee jual dan beli saham adalah biaya yang dikenakan saat kita melakukan transaksi jual maupun saat membeli saham. Untuk besarnya fee jual beli saham yang dikenakan berbeda- beda tergantung kebijakan perusahaan sekuritas masing- masing. Namun biaya yang umum dikenakan adalah sebesar 0,4% dari nilai transaksi.Untuk memastikan besarnya fee jual dan beli, bisa menghubungi customer service sekuritas yang bersangkutan. Untuk informasi customer servis akan saya tampilkan pada point support dan dukungan.
  • Besarnya minimal deposit awal
    Berapakah deposit awal saat akan membuka akun sekuritas? Besarnya deposit tergantung dari kebijakan sekuritas masing- masing. Biasanya yang paling murah adalah Rp 100,000 hingga Rp 10,000. Sekuritas dengan minimal biaya Rp 100ribu yang penulis tahu antara lain BNI Sekuritas, RHB Sekuritas, IPOT Sekuritas, Profindo Sekuritas, Sinarmas Sekuritas. Sedangkan untuk Phillips Sekuritas deposit awalnya adalah 1juta, dan Mirae Asset Sekuritas adalah sebesar Rp 10 juta. Akan tetapi bisa saja besarnya deposit awal berbeda tergantung wilayah maupun salesnya. Untuk mendapatkan biaya deposit yang murah bisa dengan membuka akun saat ada event dari pihak sekuritas yang bersangkutan.Biaya deposit awal yang kita setorkan ini bisa kita gunakan untuk membeli saham, jadi tidak ada ruginya jika kita melakukan deposit awal dengan nilai yang besar. Akan tetapi untuk pelajar yang masih dalam tahap belajar dan belum memiliki penghasilan sendiri saya rekomendasikan untuk memulai membuka akun pada perusahaan sekuritas yang deposit awalnya tidak terlalu besar.
  • Aplikasi online trading
    Setiap sekuritas memiliki aplikasi online trading dengan memiliki kekurangan dan kelebihan masing- masing dan user interface yang berbeda- beda. Sebelum menentukan sekuritas yang akan dipilih, akan lebih baik jika kita mencoba terlebih dahulu aplikasi online trading dari setiap sekuritas dengan meminta akun trial ke pihak customer service.Dengan kita mencoba secara langsung aplikasi trading yang disediakan pihak sekuritas, maka kita akan bisa mengerti kelebihan dan kekurangan dari aplikasi trading online yang disediakan. Dari situlah kita bisa memutuskan apakah aplikasi trading online yang disediakan sudah memenuhi harapan atau belum.Tidak ada maksud untuk promosi, kalau saya pribadi paling nyaman menggunakan aplikasi trading online yang disediakan oleh Mirae Asset management, selain responsif user interfacenya juga bagus.
  • Support dan dukungan
    Support dan dukungan ini sangat penting, terutama saat terjadi trouble. Jangan sampai terjadi masalah namun pihak sekuritas tidak kunjung memberikan tanggapan maupun support untuk memperbaiki masalah yang ada.Dibawah ini adalah link resmi sekuritas yang saat ini saya pakai. Untuk review lengkapnya  akan saya bahas pada artikel berikutnya.
    1. Mirae Asset Sekuritas
    2. Phillip Sekuritas Indonesia
    3. BNI Sekuritas
    4. Mandiri Sekuritas
    5. RHB Sekuritas
    6. Sinarmas Sekuritas

2. Membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Mirae Asset

Hal berikutnya yang perlu kita lakukan untuk bisa membeli saham adalah membuka Rekening Dana Nasabah atau disingkan RDN.

Saat kita akan membuat akun di perusahaan sekuritas biasanya formulir untuk pembuatan RDN juga akan dilampirkan, jadi saat mengisi formulir pendaftaran akun disekuritas juga sekalian mengisi formulir pembukaan RDN.

Mungkin kita akan merasa ribet ataupun kesulitan jika harus mengisi formulir kemudian mengirimkan formulir yang sudah diisi dan ditandatangani tersebut ke alamat perusahaan sekuritas. Namun untuk saat ini sudah ada beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan pendaftaran tanpa dokumen fisik maupun tanda tangan basah, semunya bisa dilakukan secara online.

Salah satu perusahaan sekuritas yang sudah menerapkan pendaftaran full online adalah Indo Premier Sekuritas dengan demikian kita sudah bisa mendaftar untuk mendapatkan akun di sekuritas kapanpun dan dimanapun.

3. Melakukan Deposit Awal

Setelah akun yang dibuka diperusahaan sekuritas sudah jadi, dan kita sudah mendapatkan nomor Rekening Dana Nasabah, maka kita bisa memulai transfer sejumlah dana ke no Rekening tersebut. Setelah selesai tranfer deposit awal yang harus dikirimkan maka kita sudah siap untuk melakukan transaksi di pasar modal untuk membeli saham.

4. Mengunduh Aplikasi Online Trading

Setelah deposit awal sudah ditransfer, kita bisa langsung mengunduh aplikasi online trading yang disediakan oleh pihak sekuritas yang kita gunakan. Dibawah ini saya tunjukan tampilan sekilas aplikasi online trading dari Mirae Asset Management yaitu HOTS.

cara membeli sahamcara membeli sahamsekuritas terbaiksekuritas terbaik

5. Memulai Membeli Saham

Setelah semuanya lengkap, sekarang kita bisa memulai untuk membeli saham yang di idamkan. Saat membeli saham janganlah tergiur dengan saham yang kenaikannya cepat namun tidak didukung fundamental yang kuat. Belilah saham yang memiliki fundamental bagus dan memberikan return yang tinggi.

Demikian cara membeli saham secara online, saya harap melalui artikel ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi pembaca semua. Jika ada hal yang ingin ditanyakan mengenai saham jangan sungkan- sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here