7 Fitur Baru Android N

Android N menghadirkan beberapa fitur baru yang sangat menarik

0
2042
android noughat

Saat ini Android N masih belum memiliki nama resmi yang diperkenalkan oleh Google, namun untuk bocoran mengenai fitur terbaru android N tersebut sudah menjadi perbincangan setelah dirilisnya Android N Developer Preview. Namun menurutnya versi beta ini sudah siap untuk penggunaan regular.

Android N Beta sudah tersedia untuk beberapa Product Google seperti Pixel C dan Smartphone seri Nexus yang hanya tersedia untuk Nexus 6 dan yang terbaru. Beberapa Fitur baru Android N yang akan muncul antara lain:

  1. Multitasking

Multi tasking Android NWalaupun sebelumnya Android sudah dibekali Multitasking split screen, namun fitur ini tidak tersedia untuk Smartphone dan hanya tersedia untuk device berbasis tablet. Dan akhirnya fiture multitasking split screen di hadirkan untuk smartphone di Android N.

  1. Notifications (Pemberitahuan)

settingPada Android N ini dilakukan perubahan sepenuhnya pada fitur notifications. Notifications secara visual tampak lebih rapat, dengan ikon lebih kecil dan full width sehingga ruang digunakan secara maksimal. Notification menjadi lebih fungsional, serta memungkinkan pengguna untuk sweep dua kali untuk melihat informasi lebih banyak untuk diambil sebuah tindakan. Selain itu juga tersedia tombol kecil untuk expand pemberitahuan jika kurang menyukai fitur Tarik duakali.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah pengguna dapat melakukan penekanan panjang pada tiap notification untuk mengontrol bagaimana pengguna akan menerima pemberitahuan dari aplikasi kedepannya. Dengan menekanya panjang pengguna bisa melakukan block notification jika tidak menginginkan hal tersebut muncul.

Dan hal yang paling menarik dari update ini adalah, jika pada Android Marsmallow pengguna diharuskan untuk menarik notification dua kali untuk mengaktifkan Wifi, Bluetooth dan lainya, pada Andorid N pengguna cukup satu kali Tarik dan anda langsung bisa mengaktifkan atau mematikan Wifi atau Bluetooth karena akan langsung tampak ikon tersebut, namun untuk ikon yang lainya perlu dilakukan setting terlebih dahulu ikon mana yang kan ditampilkan.

  1. Pengaturan

Pada bagian menu pengaturan juga dilakukan beberapa perubahan. Tiap pilihan pada menu pengaturan ini menampilkan secara relevan beberapa informasi sehingga pengguna bisa langsung mengetahui beberapa informasi tanpa harus membuka list tersebut seperti kapasitas memory, jaringan Wifi, penggunaan data, battery dan lain- lain langsung dari halaman perama menu pengaturan.

  1. Virtual Reality

Walaupun tidak ada hal yang benar- benar baru pada versi beta ini, VR menjadi suatu hal yang masih misterius pada Android N ini. Google hanya menunjukan beberapa referensi design dengan sebuah controller gerak sederhvrana dengan Wieless. Sehingga masing- masing perusahaan headset bisa memproduksi sendiri perangkat yang cocok dengan standard daydream dan Samsung, HTC, LG, Xiaomi, Huawei, ZTE, Asus serta Alcatel akan membuat perangkat yang compatible dengan Daydream.

Untuk contentnya sendiri Google dengan bekerja untuk mempersiapkan aplikasi yang dinaunginya supaya bisa ditampilkan melalui VR dengan melakukan kolaborasi dengan beberapa partner seperti Netflix, Ubisoft, dan Electronic Arts. Dan platform daydream akan launching musim gugur ini.

  1. Tema Keyboard

keyboardMungkin ini bukanlah suatu hal yang baru, namun pada Andorid N Google Keyboard sudah bisa menggunakan keyboard thema yang sudah banyak sekali berkeliaran di Google Play. Dan hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan customize pada keyboard dari memberikan warna, menghilangkan pembatas bahkan pengguna bisa menempatkan fotonya untuk latar belakang keyboard.

  1. Performa

Google mengklaim bahwa terjadi peningkatan performa pada tiap update Android tanpa terkecuali pada Android N. Android N mengadopsi Grafik API baru yang disebut Vulkan, dimana hal ini juga ditemukan pada PC gaming dan hal ini sangat membantu dalam mengirimkan visual lebih efisien pada tablet dan smartphone.

Android N juga memiliki JIT compiler baru dimana bisa menghemat battery karena penggunaan lebih efisien dibanding seri pendahulunya.

  1. Emotion Baru

emotGoogle memperbaharui emotion untuk Android N, dengan beberapa tampilan baru yang lebih seragam dan yang pastinya lebih menarik untuk menggambarkan ekspresi ataupun kondisi user.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here